Senin, 18 Oktober 2010

Perseteruan Indonesia-Malaysia

Hubungan antar negara yang terjadi pada Indonesia dan Malaysia merupakan dinamika yang terus berjalan semenjak dahulu. Kasus yang paling hangat adalah perseteruan Indonesia dengan “adiknya”, yakni Malaysia. Banyak penduduk kedua negara yang teracuni Nasionalisme saat ini saling berkoar-koar untuk saling berperang dan membunuh. Berbagai letupan-letupan peristiwa, baik yang kecil, sedang ataupun besar menjadi isu sensitive yang seringkali memicu permusuhan antar penganut ideologi Nasionalisme di kedua negara.
Sebenarnya jika masyarakat kedua negara mau berpikir jernih tidak akan terjadi letupan-letupan semacam ini. Bahkan dalam konstelasi kepulauan Nusantara ini tidak akan terjadi dualisme negara Indonesia Malaysia. Jika mau berpikir dengan jujur, Indonesia dan Malaysia adalah entitas yang kembar. Kedua pihak dapat saling mengisi. Jika tidak ada ideologi Nasionalisme, para pencari kerja dan nafkah dapat dengan mudah berlalu lalang tanpa halangan batas administratif. 
Entah mengapa kebodohan lebih condong untuk saling membatasi. Lagi-lagi karena Nasionalisme yang ditanam kolonialis di zaman dahulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar